Description

Kesenian Bansi Solok

             Kesenian Dendang Bansi Solok, adalah sebuah kesenian tradisi khas daerah Solok Sumatera Barat. Kesenian Bansi atau yang juga sering disebut Dendang Bansi solok merupakan salah satu kesenian musik yang bersifat bakaba.Kesenian ini terdiri dari satu orang pendendang dan satu orang peniup Bansi. Instrumen musik Bansi Solok terbuat dari bambu, hampir mirip dengan instrumen tiup recorder, namun instrumen Bansi Solok hanya memiliki 6 (enam) buah lubang nada saja, kesan melodi, warna bunyi, garitiak, teknik tiupan.

            Dari permain instrumen Bansi solok akan menghasilkan melodi-melodi yang cenderung terkesan minor, bila dikuru dengan sistem tangga nada pada musik barat. Biasanya dalam menghasilkan melodi, teknik garatiak pada bansi Solok lebih rapat dan punya tekanan-tekanan pada nada-nada tertentu yang kadang terkesan tidak sama atau tidak se irama dengan melodi dendang yang diiringinya.

Namun saat ini kesenian Bansi Solok diketahui dalam kondisi hampir punah.Di Kota Solok sendiri hanya tersisa 1 (satu) orang pendendang Bansi yang masih setia menggeluti kesenian ini yaitu bapak Kaslan yang tinggal di Gurun Bagan Kelurahan VI Suku.