Description

Sarasah Aie Batimpo

Objek wisata air terjun Sarasah Batimpo merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di kawasan hutan lindung di Kelurahan Laing Kecamatan Tanjung Harapan.Lokasinya berjarak ±5 km dari pusat Kota Solok. Objek wisata ini menawarkan keindahan alam yang eksotis, di tambah dengan aliran sungai yang jernih bersumber dari mata air pegunungan.

Sebelum memasuki destinasi ini pengunjung terlebih dahulu dapat menikmati wisata edukasi di Balai Benih Ikan (BBI). Dimana terdapat beberapan kolam ikan yang dijadikan sarana untuk pembenihan ikan.

Sepanjang aliran sungai ini terdapat beberapa tingkat air terjun, yang ketinggiannya berbeda-beda. Ada yang berketinggian tiga meter dan ada juga yang sampai enam meter. Setiap air terjun memiliki lubuk dengan  kedalaman yang beragam mulai dari satu meter sampai kedalaman lima meter. Lubuk inilah yang digunakan oleh pengunjung untuk tempat pemandian.

Untuk bisa menikmati air terjun dan lubuk ini, pengunjung harus berjalan kaki sejauh ± 500 meter dari lokasi parkir kendaraan. Ketika memasuki lokasi objek wisata, pengunjung akan merasakan sejuknya hawa pegunungan yang di penuhi pepohonan di sepanjang jalan. Pengunjung juga akan ditantang untuk berjalan diatas batu-batu besar yang dibawahnya terdapat aliran sungai. Gemuruh air terjun yang jatuh kelubuk mengobati lelah pengunjung yang telah menempuh perjalanan yang menantang. Pesona hutan yang masih perawan, serta air terjun dengan beragam tingkatan menjadi spot foto yang sangat luar biasa bagi para pengunjung.